Pengikut

Iklan

Perusahaan Ternak di Desa Oro Oro Ombo Wetan. Diduga Tidak Mengantongi Izin Ini Kata Kepala Desa

Sabtu, 25 Februari 2023, Februari 25, 2023 WIB Last Updated 2023-02-25T04:08:27Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Jurnalis: Ridoi 


Pasuruan,(GerakNusantara.com) -
Pengusaha ternak ayam yang berada di Dusun Karang panas 1, Desa Oro Oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan diduga belum mengantongi izin Lengkap, tetapi di lapangan sudah beroperasi.



Berdasarkan aturan,sebelum mengantongi Izin lengkap terkait usaha atau pun izin lainnya.Maka perusahaan tersebut tidak boleh beraktivitas sebelum mengantongi surat surat   perizinan dari Dimas terkait. 



Faktanya, Saat Awak Media mendatangi lokasi Guna mengklarifikasi. Kebenaran nya Namun pemilik Usaha ternak tersebut  terkesan menghindar dari Media   pihaknya tidak mau menemui Media.  Yakni  untuk menunjukkan surat surat terkait perizinan Usahanya itu. dari dinas terkait.Padahal pihaknya sekitar satu bulan lalu.Awal mula Awak Media ke lokasi berjanji akan menemui Akan tetapi tidak ada kejelasan.Bahkan Ditelepon  pun selalu diabaikan. Ada apakah ??!!!

 


Dalam hal ini ,Kepala Desa Oro Oro Ombo Wetan Amin Tohari,  pada saat di konfirmasi  Oleh Awak Media  Gerak Nusantara.com  mengatakan,"Pihak kami tidak tahu akan perizinan ternak tersebut mas. Apakah sudah mengantongi izin apa belum,"ucapnya


Kenapa kami bisa menjawab tidak tahu sambung Kades, Karena pemilik ternak itu tidak pernah kordinasi ke Desa.Salinan Izin pun tidak pernah di berikan ke Desa.Entah itu Berupa Foto copian atau sejenisnya.


lanjut Amin Tohari,  Menambahkan,Seandainya ada salinannya Pihak Desa akan bisa membantu beri jawaban terkait izin ternak tersebut.Pihaknya kalau di undang untuk datang ke Kantor Desa Jarang Datang,"jelas Kades Via WhatsApp. seluler


Pada hari Selasa (21/02/2023) Awak media pun berhasil mengklarifikasi Sapri Selaku penanggung jawab perusahaan ternak  melalui via WhatsApp  kepunyaan karyawan ternak,ia menuturkan bahwa terkait izin sudah lengkap semua.



Anehnya, ia pun mengatakan tinggal tanya kepada Kepala Desa.Sedangkan pihak Desa tidak mengetahui perihal tersebut.Lebih lanjut pihaknya  akan memberikan Salinan izin izin perusahaan ternak yang dimilikinya pada Kepala Desa ,setelah Awak media menyampaikan bahwa desa tidak pernah ada salinan apapun terkait perizinan dari perusahaan ternak tersebut.


Ironisnya lagi,salah satu perempuan yang entah siapa namanya ikut bicara dihubungi melalui WhatsApp  dengan Nada Arogansi, ia dengan  lantang dan marah mengatakan,"apa urusan nya dengan anda,terkait izin.Kami sibuk dan tidak ada waktu untuk melayani Anda,"ucap nya sembari mematikan telpon. 

  

Berdasarkan Permentan Nomor 14 Tahun 2020, pelaku usaha yang menjalankan budi daya ayam ras pedaging dengan skala menengah dan besar diwajibkan untuk memiliki izin berupa Izin Usaha Peternakan. Izin Usaha Peternakan diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota kepada perusahaan peternakan.


Sampai berita ini ditayangkan pihak dari ternak tidak memberikan salinan perizinan pada Kepala Desa.Padahal ia berjanji akan berikan salinan bukti bahwasanya perusahaan ternak miliknya sudah berizin lengkap. 


Komentar

Tampilkan

Terkini