Pengikut

Iklan

Ini Tanggapan Sekretaris IWO Indonesia Jawa Timur Terkait Dugaan Intimidasi Yang Dialami Salah satu Jurnalis

Sabtu, 21 Januari 2023, Januari 21, 2023 WIB Last Updated 2023-01-21T01:28:17Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Red

Sidoarjo,(GerakNusantara.com) - Sekretaris IWO Indonesia wilayah Jawa Timur  , Rakhmad Hidayanto,SE yang berdomisili di Sidoarjo ini dengan tegas menanggapi  intimidasi disertai kekerasan yang dialami jurnalis biro7.id Edy Supriadi bersama rekannya Sri di SPBU Jogoloyo Jombang pada Kamis,19/01/2023 kemarin adalah murni perbuatan premanisme.

 

" Aksi premanisme terhadap jurnalis harus ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,agar kehidupan jurnalis Indonesia baik dalam kegiatan kehidupan sehari hari maupun dalam tugas kejurnalistikannya dalam kondisi aman,nyaman dan terbebas dari segala intervensi kepentingan dari pihak manapun,"tegas Rakhmad yang juga seorang jurnalis beritalima,Jumat,20/01/2023.

 

Aksi kekerasan terhadap jurnalis di Jombang tersebut sebelumnya menjadi bahan diskusi di group komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT), Ade Maulana selaku Ketua Umum KJJT merespon cepat kejadian tersebut dan langsung berkoordinasi dengan pihak kedua korban dan pimpinan redaksi Biro7.

 

 

Ade menegaskan bahwa kekerasan terhadap jurnalis merupakan tanggung jawab kita semua.

 

 

" Kekerasan terhadap jurnalis wajib dibela dan bukan hanya komunitas KJJT saja tapi semua organisasi jurnalis juga harus peduli,"tegas Ade.

 

 

Sesuai  pengakuan kedua korban Edy Supriady dan Sri di group Whatsapp KJJT menjelaskan bahwa kekerasan yang dialaminya terjadi  pada saat keduanya ingin mengisi bahan bakar, dan terjadi banyak antrian, akhirnya keduanya menuju ke kantin. Pada saat Edy dikantin dan salah satu rekannya, Sri pergi ke toilet.

Sambil menunggu temannya Edy bertanya keberadaan Yudi selaku manager SPBU  ke salah satu  karyawan SPBU tersebut. Naas salah satu oknum karyawan SPBU datang dan tiba tiba melontarkan perkataan yang tidak pantas dan sangat intimidasi.



" Wartawan Bajingan, Wartawan Gatel,"ujar Edy menirukan ucapan salah satu oknum karyawan SPBu tersebut.

 

 

 Lanjut Edy,tidak hanya intimidasi, salah satu oknum karyawan juga melakukan pemukulan.

 

 

" Saya dipukul dan hampir dikeroyok oleh beberapa orang, padahal uda saya jelaskan bahwa saya wartawan dan sudah mengenal pak yudi manager SPBU tersebut,"jelas Edy.

 

 

Peristiwa intimidasi dan kekerasan terhadap jurnalis biro7.id tersebut sudah dilaporkan ke Polsek Sumobito dengan bukti lapor polisi LP Nomor : LP/B/06/I/2023/SPKT/POLSEK SUMOBITO/RES JOMBANG/POLDA JATIM, Tanggal  19 Januari 2023

Komentar

Tampilkan

Terkini