Pengikut

Iklan

Cegah Banjir, Koramil 02/Pelaihari Bersih-Bersih Sungai

Senin, 02 Januari 2023, Januari 02, 2023 WIB Last Updated 2023-01-02T02:10:29Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Jurnalis: Slamet f 




Pelaihari,(GerakNusantara.com) -
Guna menciptakan lingkungan yang bersih serta terhindar dari banjir Komandan Rayon Militer (Danramil) 1009-02/Pelaihari Kodim 1009/Tanah Laut, Kapten Inf Jodi Mudasir beserta anggota Koramil bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Masyarakat Pecinta Alam Indonesia (MPAI) My Darling bersama warga bergotong-royong membersihkan aliran sungai Kandangan yang melintasi Rt 25 Kel. Pelaihari Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut, Kamis (29/12/2022). 


Gotong - royong yang di titik beratkanPembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk membersihkan tanaman liar yang tumbuh disekitar bantaran sungai Kandangan dan mengangkat sampah kayu dan ranting yang hanyut terbawa aliran sungai akibat intesitas curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. 


Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut dari petunjuk, arahan serta penekanan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., kepada seluruh anggota dan Babinsa Jajaran Kodim 1009/Tla agar menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan dan memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan masyarakat yang terjadi diwilayah binaannya. 


“Gotong royong pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga agar sungai tidak tersumbat oleh sampah pohon dan rerumputan yang tumbuh di sepanjang pinggiran sungai dibawa arus banjir sehingga menyumbat jembatan. Karena apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan, maka air sungai akan meluap menutupi badan jalan dan membanjiri perumahan warga,” tutur Danramil. 



Lebih lanjut Danramil Kapten Inf Jodi juga mengatakan, pihaknya siap membantu dan bekerjasama untuk segala hal yang berkaitan dengan masalah yang ada di wilayah Pelaihari. 


Bpk. Muhammad Khaidir selaku Ketua Umum MPAI My Darling  dalam kesempatannya mengatakan, kehadiran Danramil dan anggota yang ikut bergotong royong membersihkan sungai merupakan wujud kepedulian dan sangat memberi semangat kepada warga masyarakat Kel. Pelaihari khususnya di Rt 25 ini. 



“Pembersihan sungai ini sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir seperti yang terjadi dalam beberapa hari terakhir sehingga perlu segera dibersihkan, kehadiran Danramil beserta anggotanya sangat membantu serta memberi semangat kepada warga untuk hadir dalam kegiatan kerja bakti membersihkan sungai,” ungkapnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini