Pengikut

Iklan

Liga Bergulir Lagi, Kekuatan Persebaya Terancam Pincang

Jumat, 18 November 2022, November 18, 2022 WIB Last Updated 2022-11-18T06:16:21Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Red


SURABAYA,(GerakNusantara.com) -
Situasi sulit kembali dihadapi Persebaya pada lanjutan Kompetisi Liga 1 yang rencananya mulai digulirkan 2 Desember mendatang. Bajol Ijo dipastikan tak bisa menurunkan skuad terbaiknya. Skuad yang terakhir kali sukses menghancurkan Arema di Stadion Kanjuruhan, 1 Oktober lalu.



Pasalnya, lanjutan Liga 1 nanti akan berjalan berbarengan dengan Piala AFF. Kejuaraan sepak bola antara negara Asia Tenggara tersebut bakal dilaksanakan pada 23 Desember sampai 15 Januari 2023.



Sebelum mengarungi gelaran Piala AFF, PSSI menggelar pemusatan latihan pada 9-22 Desember. Agenda Timnas  kemudian dilanjut dengan Piala Asia U-20, 1-18 Maret 2023.




Saat ini, di Persebaya ada tiga pemain yang sebelum ini dipanggil Timnas. Yakni Rizky Ridho, Koko Ari dan Marselino Ferdinan. Ketiganya merupakan pemain inti saat mengalahkan Arema 2-3. Bila ketiga nama itu kembali ke Timnas, maka sudah pasti akan mereduksi kekuatan Persebaya.



Marsel mungkin ada  yang menggantikan. Tetapi untuk Ridho dan Koko jelas akan berpengaruh pada pertahanan.  Pengalaman saat dikalahkan Rans Nusantara, 15 September lalu bisa menjadi contoh.



Waktu itu Ridho absen karena sanksi Komdis. Begitu juga dengan Leo Lelis harus menepi karena cedera. Saat itu Persebaya menurunkan duet Dandi Maulana dan Riswan Lauhin. Hasilnya? Persebaya kalah 1-2.



“Mau bagaimana lagi. Apa mungkin kita bisa minta dispensasi? Paling realistis kami harus lupakan sementara skuad terbaik itu,” jelas Pelatih Persebaya Aji Santoso.



Sejak awal, Aji memang menduga situasi bakal sulit setelah kompetisi libur sampai sekian lama. Nyaris dua bulan tidak ada pertandingan, tentu akan berimbas kemana-mana. 



Apalagi, tahun depan ada Piala Dunia U-20. Mau tak mau kompetisi harus selesai sebelum itu. Di sisi lain, kata Aji, sampai saat ini kompetisi masih terhenti. “Situasinya memang sulit. Terhenti cukup lama,” ujarnya.



Aji mengakui sejauh ini belum miliki opsi terbaik untuk menggantikan tiga pemain tersebut bila bergabung ke Timnas. Akan tetapi di sisa waktu yang ada ini akan coba dioptimalkan. “Kami akan coba carikan solusi. Pasti ada jalan,” yakinnya.




Komentar

Tampilkan

Terkini