Pengikut

Iklan

Aremania Gelar Aksi Damai Dan doa Bersama Peringati 40 Hari Korban Kanjuruhan

Kamis, 10 November 2022, November 10, 2022 WIB Last Updated 2022-11-10T07:36:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Jurnalis:Bayu


Malang,(GerakNusantara.com) -
Aremania menggelar aksi damai ini. Ada serangkaian teatrikal yang disiapkan dalam aksi yang bertepatan dengan 40 hari tragedi Kanjuruhan Kamis,(1/11/2022).


Teatrikal meliputi 137 keranda, simbol 135 korban tragedi Kanjuruhan dan dua orang meninggal ketika hendak dan pulang menonton pertandingan Arema versus Persebaya pada 1/10/2022 lalu. Serta foto – foto para korban dalam peristiwa maut itu.




Koordinator Aksi, Arief Setiyawan, mengatakan keranda dan foto akan diletakkan melingkar di Bundaran Alun-alun Tugu Malang. Teatrikal itu sebagai simbol menuntut keadilan bagi seluruh korban.




“juga hadir perwakilan keluarga korban jiwa maupun korban luka dalam aksi damai ini,” kata Arief





Aksi damai dimulai pukul 12.00 WIB dengan titik kumpul di Stadion Gajayana. Lalu long march melewati Jalan Kawi menuju perempatan Alun-alun Malang, perempatan Rajabali hingga ke titik pusat aksi di Balai Kota Malang.


“Di Balai Kota akan ada aksi teatrikal dari Aremania menggambarkan tentang tragedi Kanjuruhan,” ucapnya.





Setelah itu akan dilanjutkan dengan doa bersama, orasi perwakilan korban, Aremania dan Pendamping Hukum Tim Gabungan Aremania. Massa aksi dari berbagai kelompok seperti BEM Se Malang Raya maupun komunitas lintas suporter juga akan turut bergabung dalam aksi itu.



Massa aksi akan menyerukan penambahan pasal 338 tentang pembunuhan dan pasal 340 tentang pembunuhan berencana dalam penyidikan terhadap pelaku tragedi Kanjuruhan. Serta berbagai tuntutan seperti rekonstruksi ulang dan pemulihan korban luka sampai sembuh total.



aksi damai ini akan dihadiri ribuan orang dengan busana serba hitam. Aksi diharapkan berlangsung kondusif tanpa gesekan apapun. Aksi ini sendiri telah disiapkan sejak sekitar satu minggu yang lalu.



“Seluruh kebutuhan aksi ini dipenuhi secara swadaya oleh kawan-kawan Aremania,” kata Arief Setyawan.


Selain aksi ini, Aremania juga menggelar berbagai aksi lainnya untuk menuntut keadilan untuk korban Tragedi Kanjuruhan. Misalnya doa bersama di Stadion Kanjuruhan pada Rabu, 9 November 2022 lalu.


 

Komentar

Tampilkan

Terkini