Pengikut

Iklan

Jaga Kondusifitas di Masyarakat, Polres Pasuruan Gelar Diagram

Sabtu, 29 Oktober 2022, Oktober 29, 2022 WIB Last Updated 2022-10-28T23:58:50Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Jurnalis:Ridoi


Pasuruan,(GerakNusantara.com) -
Bersama Forkopimca Beji, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. menggelar kegiatan Diagram (Dialog Bersama Masyarakat) Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jum'at (28/10/2022), pukul 14.00 WIB.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Pasuruan, PJU Polres Pasuruan, Kapolsek Beji, Forkopimca Beji, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Beji, serta Kades se-Kecamatan Beji yang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Beji.


Diagram dilaksanakan secara bergiliran oleh Kapolres Pasuruan di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Pasuruan, yang bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat dan menjaga harkamtibmas di wilayah hukum Polres Pasuruan.



Camat Beji Drs. Wijaya Sugianto mengucapkan selamat datang kepada Jajaran PJU Polres Pasuruan serta ucapan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan Diagram kali ini di Kecamatan Beji.


"Perlu diketahui bahwa wilayah Kecamatan Beji mempunyai 12 Desa dan 2 Kelurahan serta untuk perkembangan kasus penularan virus Covid-19 saat ini untuk di wilayah Beji masih Nihil, Kami beritahukan kepada Bapak Kapolres Pasuruan, bahwa jajaran Forkopimca Kecamatan Beji sampai saat ini selalu bersinergi dan kompak dalam menjalankan tugas menjaga Harkamtibmas sebagai 3 Pilar," ucapnya.


Kapolres Pasuruan mengatakan, "Terimakasih kepada jajaran Forkopimca Kecamatan Beji beserta elemen masyarakat maupun Kades se - Kecamatan Beji yang telah hadir dalam pelaksanaan kegiatan Diagram ini," ujar AKBP Bayu.


"Dalam kesempatan kali ini, kami ingin mendengarkan keluh kesah masyarakat atas pelayanan yang telah diberikan oleh Polres Pasuruan melalui Polsek Beji serta mengharap adanya kritik dan masukan dari tamu undangan sekalian," lanjutnya.


Perkembangan situasi saat ini, Covid-19 dapat kendalikan secara bersama sehingga perekonomian masyarakat bisa perlahan tumbuh kembali normal.


Sesuai dengan arahan Presiden RI bahwa diprediksikan tahun depan akan adanya permasalahan perekonomian secara Global. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa negara lainnya saat ini yang sedang mengalami kesulitan pangan.


"Sesuai dengan kondisi di wilayah Kecamatan Beji yang dimana di beberapa Desa merupakan wilayah yang rawan terdampak Banjir, kami sudah memerintahkan Kapolsek Beji untuk berkolaborasi dengan Forkopimca setempat melakukan pemetaan lokasi rawan bencana, untuk selanjutnya saya harapkan bisa dikoordinasikan dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pasuruan sebagai langkah penentuan lokasi evakuasi maupun dapur umum serta peralatan evakuasi seperti perahu karet, gergaji mesin dan lainnya," tandasnya.


Selanjutnya sesi tanya jawab serta kritikan maupun saran dari para tamu undangan yang hadir dalam kegiatan,

Kades Ngembe, Imam Rosadi menuturkan bahwa terkait infrastruktur di wilayah Kabupatem Pasuruan perlu adanya dorongan dari Bapak Kapolres Pasuruan mengingat banyaknya korban laka lantas yang diakibatkan oleh faktor kerusakan jalan Raya.



Kemudian Kades Beji, Syarifudin melanjutkan, "Kami selaku Kades hanya memerlukan dukungan yang sifatnya pembinaan, mengingat beberapa bulan lalu ada rekan kami yang terjebak dan terjerat hukum. Oleh karena itu kami memohon, apabila terdapat rekan kami dari rekan Kades yang melanggar hukum masih bisa dilakukan pembinaan sebelum dilakukan proses hukum lebih lanjut," ungkapnya.


Kapolres Pasuruan menanggapi terkait pengaduan kerusakan jalan maupun infrastruktur di wilayah Kabupaten Pasuruan, "Kami akan mencoba baik secara lisan maupun tersurat untuk menyampaikan keluhan masyarakat semuanya kepada pihak Pemkab Pasuruan," tanggapnya.



"Terkait edukasi permasalahan hukum yang dihadapi oleh jajaran Kades terlebih yang sering terjadi yaitu penggunaan anggaran Desa, kami juga sudah memerintahkan kepada Kasat Reskrim Polres Pasuruan apabila permasalahan yang ada di jajaran Kades sebatas kesalahan terkait administrasi, maka kami masih memberikan toleransi," pungkasnya.


Acara ditutup dengan pemberian Bansos oleh Kapolres Pasuruan kepada perwakilan masyarakat Kecamatan Beji yang hadir ditempat.


Komentar

Tampilkan

Terkini