Pengikut

Iklan

Gebyar Karnaval Budaya Sumbersuko, HUT RI Yang Ke-77 thn Dan Peringati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Yang Ke-1093

Senin, 12 September 2022, September 12, 2022 WIB Last Updated 2022-09-12T03:10:01Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Jurnalis:Ridoi


Pasuruan,(GerakNusantara.com) -
Gebyar Karnaval Budaya Yang digelar Pemerintahan Desa Sumbersuko  Dalam Rangka  memeriahkan  Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Yang Ke-1093  tahun. Dan juga paringati Hari Kemerdekaan RI Yang Ke-77 thn. Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan,   Gebyar Karnaval Budaya dan  Arak-Arakan Yang di tunjukkan Oleh para Peserta Karnaval tersebut.  Minggu (11/09/2022).  Pukul 13:00  WIB.




Gebyar Karnaval Budaya dan Arak-Arakan  Yang di Gelar Desa Sumbersuko Purwosari Pasuruan.Yang  di ikuti Oleh seluruh masyarakat Desa Sumbersuko Yang Meliputi 4 Dusun Yaitu Dusun Beji kidol dan juga  Beji Geneng juga  Beji Ledok  dan juga  Pucang Candowo. Bahkan Dusun tetangga  Desa Damarjati yang   juga ikut Bergabung Untuk memperingati HUT RI Yang Ke-77 thn Dan juga Hari jadi Kabupaten Pasuruan Yang Ke-1093. Masyarakat Antusias ikut  memeriahkan Karnaval Budaya Desa  Sumbersuko Purwosari Pasuruan.





Pantaun  Media GerakNusantara.com  Yang Ada  di Lokasi Kegiatan  Gebyar Karnaval Budaya tersebut. Satu Persatu Warga 4  Dusun Yaitu Mulai dari  Rt/Rw, juga  Menampilkan Karya  Terbaiknya. dari  Berbagai Pakaian adat  Budaya dan  kreasi Yang  di Tampilkan Oleh Para Peserta Karnaval. Tahun  ini digelar secara  bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten  Pasuruan Yang Ke-1039. Juga  memeriahkan HUT RI Yang ke-77 thn. Terlihat Masyarakat Desa Sumbersuko Sangat  Antusias dan semangat Warga Sampai memadati pinggir jalan Alternatif  Yang Menghubungkan  Kecamatan Pandaan dan Kecamatan Sukorejo.  Untuk saat ini jalan tersebut di tutup sementara. Buat ke lancaran  Acara HUT RI Ke-77 thn.dan Gebyar Karnaval   begitu juga dengan para penonton yang memadati sepanjang jalan hanya untuk menyaksikan  Gebyar Karnaval. yang  digelar setiap tahun. Maka dari itu  kita berharap semoga ke adaan Covid-19 ini cepat selesai.



Warga Dusun Beji Kidol  Desa Sumbersuko. Fatimah (29) thn.  mengatakan sangat Senang Sekali dengan digelarnya Acara Gebyar Karnaval Budaya ini   akhirnya Kegiatan Desa   Sumbersuko digelar  Kembali Seperti Biasanya. setelah dua tahun tidak ada Kegiatan  karena Pandemi Covid-19 Walaupun Sekarang  masih belum Normal Total tapi sudah boleh Mengadakan Kegiatan karnaval Budaya ini. Saya  Mewakili Warga Dusun Beji Kidol Sangat Berterimakasih Kepada Pak Kades H.SUSILO 



"Kata Kades H.SUSILO  Gebyar Karnaval Budaya  ini rutin digelar mas, Tapi Kegiatan  Sekarang ini  beda Dari Tahun Sebelumnya Kalau Tahun dulu Peserta nya cuman 15 Saja Mas, Kalau Sekarang Yang  ikut  Gebyar Karnaval Budaya   ini  Sebanyak  25  Peserta  Mas, bisanya berbarengan dengan selamatan Desa Sumbersuko, tapi untuk tahun ini hanya Peringati Hari Kemerdekaan RI Yang Ke-77 thn. Dan juga Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Yang Ke-1093. Gebyar  Karnaval Budaya,"tuturnya Sambil Melihat Penampilan Para Peserta  di depan Rumahnya.



Saat di Konfirmasi Awak Media  Kades  Sumbersuko H.Sulilo Mengatakan Awalnya Acara Gebyar Karnaval Budaya ini  Cuman 4 Dusun Saja,  Tapi banyak  Masyarakat yang  Minta  ikut jadi  peserta  Ke saya  biar tambah Ramai dan Seru  Kata Kades H. Susilo.  Kalau Acara ini banyak yang ikut katanya,   Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Sumbersuko yang Antusias Sekali dalam mendukung kegiatan tahunan ini dalam Rangka memperingati HUT RI Yang Ke-77 thn.   kegiatan Desa  Sumbersuko Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Gebyar Karnaval Budaya ini  Sudah hampir 2 tahun  Vakum   Karna adanya Pandemi  Covid-19.  



Alhamdulillah tahun 2022, kegiatan seperti ini Bisa  di selenggarakan kembali 

Oleh sabab itu, Pemerintah Desa Sumbersuko bersama Warga dan  masyarakat Menggelar acara Karnaval  dengan tema HUT Kemerdekaan RI Yang ke-77. Karena dua tahun kegiatan rutin ini tidak digelar karena Adanya Pandemi  Covid-19,” tuturnya  Kades  H. Susilo 




lanjut, Daiman Selaku   Ketua Panitia  Acara tersebut  Mengatakan, dengan Karnaval budaya ini, masyarakat Desa Sumbersuko khususnya bisa menambah Rasa Nasionalisme dan Patriotisme dengan mengenang Jasa-Jasa  Para pahlawan dan  pejuang bangsa. Salah satunya dengan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI Yang Ke-77 thn. Bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Yang Ke-1093. 

Dengan tema kemerdekaan, di harapkan kegiatan sepeti ini bisa lebih menambah rasa nilai nasionalisme dan patriotisme sebagai Generasi penerus bangsa Indonesia tercinta,”Pungkanya  Daiman Ketua Panitia.




Kades H.SUSILO.  juga menambahkan, selain dalam rangka HUT RI Ke-77, kegiatan ini juga dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1093 yang akan di peringati tanggal 18 September nanti



Semoga dengan usianya yang Ke-77 tahun ini, bangsa Indonesia semakin jaya dan maju dengan  Pulih lebih Cepat, bangkit Lebih kuat  begitu juga dengan Kabupaten Pasuruan Yang  tanggal 18 September Nanti Genap berusia 1093 tahun Bisa menjadi Pasuruan yang Maslahat,”Tuturnya 

 



Komentar

Tampilkan

Terkini