Pengikut

Iklan

Perempuan Di Jawa Timur Lebih Banyak Daripada Laki-Laki

Rabu, 13 Juli 2022, Juli 13, 2022 WIB Last Updated 2022-07-13T06:19:01Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Jurnalis: Reva MarlianaSidoarjo,(GerakNusantara.com) - Berdasarkan komposisi jenis kelamin pemuda di Jawa Timur pada tahun 2021, jumlah pemuda laki-laki lebih sedikit dibandingkan jumlah pemuda perempuan. Laki-laki sebanyak 49,80 persen sedangkan perempuan sebanyak 50,20 persen. 


Hal itu tercatat dalam Laporan Statistik Pemuda Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 yang dipublikasikan di laman resmi BPS Jatim, Juli 2022. Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), Dadang Hardiwan mengatakan bahwa peran pemuda yang semakin strategis menuntut pemuda untuk lebih kreatif, inovatif, produktif, dan memiliki kapasitas lebih agar berdaya saing. 



Laporan ini juga menyajikan data persentase pemuda berdasarkan kelompok umur pemuda. Nilai tertinggi ada pada kelompok umur 19-24 tahun dengan persentase sebesar 40,11 persen. Pola yang sama terlihat pada kelompok perkotaan dan perdesaan serta kelompok laki-laki dan perempuan. 



Kemudian berdasarkan tipe daerah menunjukkan lebih dari separuh pemuda Jawa Timur tinggal di perkotaan atau sebanyak 56,70 persen. Perkotaan masih dianggap sebagai tempat yang menjanjikan, baik dalam menuntut ilmu maupun mencari pekerjaan/nafkah. 



Fasilitas perkotaan yang relatif lengkap diiringi dengan kemajuan pendidikan, keberagaman lapangan pekerjaan, dan akses teknologi menjadi daya tarik bagaikan magnet bagi kaum muda. 



Kehidupan di perkotaan dinilai lebih menyenangkan daripada di perdesaan, karena semua kemajuan teknologi berpusat di perkotaan. Hal inilah yang menjadi daya tarik penduduk perdesaan untuk pindah ke perkotaan.


Komentar

Tampilkan

Terkini