Pengikut

Iklan

Transformasi Digital UMKM Dan Ekonomi Kreatif Produksi Mukennah Di Desa jrangoan Sampang

Senin, 07 Februari 2022, Februari 07, 2022 WIB Last Updated 2022-02-07T04:49:34Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Sampang,(GerakNusantara.com) -
Peran penting dan strategis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pembangunan ekonomi nasional antara lain penyerapan tenaga kerja dan juga berperan dalam pertumbuhan ekonomi. 


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia bukan hanya sekedar bencana kesehatan, juga menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi, tidak hanya berdampak pada industri besar saja, para pelaku UMKM di Indonesia pun terkena imbasnya. 


Kebijakan pemerintah seperti social distancing, bekerja dari rumah (Work From Home), pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pembatasan sarana transportasi, pemutusan hubungan kerja (PHK) sangat berdampak kepada tersendatnya distribusi bahan baku dan produk UMKM. 



Mukennah Desa jrangoan kecamatan Omben merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Sampang yang turut merasakan dampak dari pandemi ini. Omzet dari hasil produksi mukennah  ini pun turut menurun secara signifikan di tengah pandemi Covid-19 ini. 



Ustad Zainul sebagai salah satu pemilik UMKM berbasis home industry ini menuturkan bahwa pasca pandemi covid-19 ini harus terdapat diferensiasi dalam proses penjualan produknya, karena dikhawatirkan penjualan produknya yang masih secara konvensional ini akan kalah saing dengan produk serupa yang cara penjualannya sudah merambah secara digital. 


Berlandaskan pada fenomena dan pemikiran yang ada, diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan minat masyarakat pada produk mukennah melalui marketplace online. 



Belanja online saat ini sudah menjadi kelaziman baru bagi masyarakat dan menjadi lebih kokoh lagi ketika pandemi. Produk mukennah ini nantinya selain dijual secara konvensional, akan dipromosikan pula melalui startup berbasis jual beli karya anak bangsa yaitu Tokopedia dan Bukalapak. 


Selain perlunya diversifikasi  produk, adanya diferensiasi penjualan diharapkan akan menaikkan laba hasil produksi serta dapat memberikan kesejahteraan ekonomi bagi para karyawan di masa pandemi contak rumah produksi(0859-3709-8954).




Jurnalis:Didik


Editor:holik

Komentar

Tampilkan

Terkini