Pengikut

Iklan

Puan Maharani Ingatkan Tantangan Jurnalis ke Depan Sangat Berat

Rabu, 09 Februari 2022, Februari 09, 2022 WIB Last Updated 2022-02-09T05:51:23Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


JAKARTA, (GerakNusantara.com) - Ketua DPR RI, Puan Maharani menilai, pers Indonesia memiliki peran dalam menangkal dan melawan informasi bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat.


Puan mengatakan, tantangan jurnalis saat ini adalah untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi yang akurat. Dia menilai, jurnalisme harus hadir sebagai lembaga "clearing house" untuk memverifikasi isu-isu yang beredar di masyarakat.


"Saya mengapresiasi media massa yang telah melakukan verifikasi melalui 'fact-cheking' untuk meluruskan berita-berita bohong, terutama dalam penanganan COVID-19 dan vaksinasi," katanya.


Puan juga berharap, pers tidak melupakan kewajiban untuk mengedukasi masyarakat terutama karena pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi.



Karena itu menurut dia, fungsi pers untuk mendidik masyarakat dengan meluruskan isu-isu hoaks juga berjalan dalam bidang lainnya, untuk mencegah "infodemi" lainnya.


Dia juga mengingatkan, agar pers harus senantiasa berpegang teguh terhadap kewajiban untuk mengedepankan kepentingan umum.



Wartawan  : Dhimas Ginanjar

Editor          : Imam Mu'iz

Komentar

Tampilkan

Terkini