Pengikut

Iklan

Implementasi Kebijakan Penduduk di Indonesia Beserta Dampaknya

Rabu, 12 Januari 2022, Januari 12, 2022 WIB Last Updated 2022-01-11T23:53:05Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


SIDOARJO, Jawa Timur (GerakNusantara.com) - Implementasi Kebijakan Penduduk di Indonesia Beserta Dampaknya (Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo). Dimana salah satu program kebijakan penduduk yang dibuat pemerintah adalah keluarga berencana (KB) yang diyakini telah berkontribusi dalam penurunan tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia.


Hal ini berpengaruh pada perekonomian yang ada di Indonesia akibat peningkatan atau penurunan jumlah masyarakat Indonesia. Program KB bertujuan untuk mencapai kesejahteraan ekonomi, social, dan lainnya di Indonesia yang seimbang dengan kemampuan produksi nasional.


Dengan adanya program KB maka diharapkan dapat memberantas kemiskinan dan pengangguran di Indonesia. Salah satu cara memberantas kemiskinan dan pengangguran ini adalah dengan mengatur kelahiran.


Sebab dengan mengatur kelahiran akan lebih mudah mengatasi angka kemiskinan karena akan ada ruang yang cukup untuk masyarakat mencari pekerjaan. Sehingga pemerintah dapat menekan angka pengangguran.


Salah satu contoh daerah yang menerapkan kebijakan KB adalah di Kabupaten Sidoarjo. Program pembangunan di bidang kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten sidoarjo.



Dimana itu bertujuan untuk memantapkan kelangsungan program dan kelembagaan serta peningkatan kinerja program disetiap wilayah untuk pemenuhan permintaan masyarakat akan keluarga berencana dan keluarga sejahtera demi terwujudnya keluarga yang berkualitas dalam rangka membantu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.


Kebijakan dilaksanakan untuk mencapai program keluarga berencana melalui :


1. Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) melalui pembinaan kesehatan reproduksi remaja.


2. Meningkatkan kepedulian dan peran serta Pasangan Usia Subur (PUS) sebagai peserta KB untuk mewujudkan keluarga kecil sejahtera.


3. Meningkatkan keterampilan kader institusi masyarakat dalam pengelolaan program KB di wilayah pedesaan untuk menurunkan unmetneed serta drop out peserta KB.


Untuk mencapai program keluarga berencana diperlukan strategi agar program keluarga berencana dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat terealisasi, jika program keluarga berencana terealisasi akan dapat membantu pengendalian pertumbuhan penduduk di Kabupaten Sidoarjo yang setiap tahunnya terus meningkat.


Adapun beberapa strategi dalam kebijakan pengendalian pertumbuhan penduduk di Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut meliputi :


1. Meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang pentingnya pendewasaan usia perkawinan serta kesehatan reproduksi remaja.


2. Meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pengaturan kelahiran untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas.


penulis  : Moch. Ardiansyah

(Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Program Studi Administrasi Publik Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial)

Komentar

Tampilkan

Terkini