Pengikut

Iklan

Assesment Peserta Rehabilitasi Sosial Tahun 2022 Lapas Perempuan Malang

Rabu, 05 Januari 2022, Januari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T11:58:15Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


MALANG, Jawa Timur (GerakNusantara.com) - Keparahan seseorang dalam kecanduannya terhadap narkoba terkadang hanya dilihat dari tingkat seringnya memakai zat tersebut, menjadi kurang subjektif. Parah atau berat menurut seseorang tidak sama dengan parah ataupun berat menurut orang lain.


Hal ini tentu tidaklah benar maka dari itu untuk menentukan seseorang parah atau tidak menggunakan narkoba harus menggunakan intrumen pengukuran yang valid, salah satunya dengan instrumen ADDICTION SEVERITY INDEX (ASI).



Addiction Severity Indeks (ASI) merupakan sebuah wawancara semi-terstruktur yang relatif singkat yang dirancang untuk memberikan informasi penting tentang aspek kehidupan klien yang dapat berkontribusi pada penyalahgunaan zatnya.


Hal ini merupakan langkah pertama dalam mengetahui kondisi profil klien yang selanjutkanya digunakan oleh peneliti dan staf klinis.


ASI akan memberikan gambaran masalah dan gangguan yang biasanya menyertai ketergantungan dan penyalahgunaan zat.



Informasi yang didapatkan dari ASI dapat digunakan oleh klinisi untuk mengetahui penyebab ketergantungannya sehingga bisa memberikan intervensi dan rujukan yang tepat.


Pelaksanaan pengisian ASI dilaksanakan dengan wawancara yang dilakukan oleh petugas terlatih yang bisanya membutuhkan waktu 45 sampai 60 menit untuk pengisiannya dan 10 sampai 20 menit untuk penilaian paska wawancara.


Sebelum acara rehabilitasi sosial dimulai, Lapas Perempuan Malang melaksanakan assesment terhadap 30 orang WBP yang akan mengikuti kegiatan tehabilitasi soasial tahun 2022. 



Asessment atau wawancara dilaksanakan hari ini (05/01) di ruang kunjungan Lapas Perempuan Malang.



Wartawan     : Debby

Editor             : Imam Mu'iz

Komentar

Tampilkan

Terkini