Pengikut

Iklan

PERKEMBANGAN UMKM DI SIDOARJO SAAT PANDEMI 

Senin, 20 Desember 2021, Desember 20, 2021 WIB Last Updated 2021-12-20T11:52:13Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


SIDOARJO, (GerakNusantara.com) - Ditengah kondisi ekonomi sakit, semua sektor usaha termasuk Udaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kena imbasnya. 


Karena dampak pandemi Covid-19 tidak sedikit udaha yang bergerak di hidang jasa, kerajinan maupun perdagangan gulung timar. 


(Kurda) Sayang berupa bantuan atau subsidi bunga kredit ringan 3 persen setahun itu dinilai pelaku UMKM jadi penyelamat usahanya. 



Seperti Makhlub Junaidi, pengerajin sekaligus penjial berbagai kerajinan kulit yang dioleh menjadi beragam Tas, dompet dan Aksesoris itu mengaku dengan adanya bantuan modal usaha yang ia terima sebesar 150 juta rupiah dari kurda sayang membuat usahayanya jalan kembali. 


“Sekitar tiga bulan ini omzet penjualan sangat bagus, itu karena ada tambahan model pinjaman dari BPR Delta Artha. Saya mengajukan pinjaman usaha Kurda Sayang, bagi saya bunga 3 persen pertahun itu sangat ringan. Apalagi sebelumnya usaha saya kena dampak pandemi, penjualan turun drastis dan modal hampir habis,” kata Makhbub.



"Adanya tambahan modal ini, omzet naik 80-90 juta sekarang omzet hampir 300 juta perbulan, semoga pemerintah tidak lagi memberlakukan PPKM, karena itu juga dampaknya luar biasa bagi teman-teman UMKM. Kita selama PPKM tidak bisa menggelar pemeran," tambahnya.


Usaha ekonomi kreatif “Morfby” kerajinan ukir kulit tas dan dompet milik Makhub yang berlokasi di Desa Wates Kadensari Kecamatan Tanggulangin itu sempat mengalami terjun bebas akibat dampak pandemi. Omzetnya menurun drastis. Bahkan untuk belanja Kulit saja terasa berat.



Modal usaha yang miliko makhbub untuk diputar menyusut karena penjualan menurun drastis. Dimasa sulit itu Ia mengaku kebingungan mencari tambahan modal usaha.



Penulis  : Widya Kristanti ( Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Program Studi Administrasi Publik Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial )

Komentar

Tampilkan

Terkini