Pengikut

Iklan

Dirbinmas Polda Jatim Berikan Arahan, Apel Guna Optimalisasi Tugas Bhabinkamtibmas Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Jumat, 17 Desember 2021, Desember 17, 2021 WIB Last Updated 2021-12-17T04:00:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Banyuwangi,GerakNusantara.com -
Apel dan Tatap Muka Dirbinmas Polda Jatim Kombespol Asep I Rosadi, M.P.A dengan Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Banyuwangi digelar pada hari Jumat (17/12) di lapangan apel Mapolresta Banyuwangi. Apel ini bertujuan melakukan evaluasi kinerja dan peningkatan kapasitas Bhabinkamtibmas guna mengawal masyarakat Jatim dari Masa Pandemi menuju Endemi.



Dirbinmas Polda Jatim hadir beserta jajaran pejabat lainnya antara lain Kompol Supriyono,A. S.Sos, AKP Wiwin Rusli,S.H., M.H (Kasilatpuan Subdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Jatim), Aiptu Imam Asrori, S.H (Banum Subdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Jatim), Aipda Abdul Azis (Banum Subdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Jatim).



Sementara itu pejabat utama Polresta Banyuwnagi yang terlihat hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, AKBP Nasrun Pasaribu, S.I.K., M.H.(Kapolresta Banyuwangi), AKBP DIDIK HARIYANTO, S.I.K. (Wakapolresta Banyuwangi),  Kompol Idham Kholid, S.H.,M.H (Kabag SDM Polresta Banyuwangi),  AKP Ali Ashari, S.H. (Kabagren Polresta Banyuwangi),  AKP Mulyono, S.H. (Kabaglog Polresta Banyuwangi),  Kompol Edy Sudarto, S.H., M.H (Kasat Samapta Polresta Banyuwangi),  Kompol Mustaqim,S.H (Kasat Binmas Polresta Banyuwangi), Kompol Akhmad Fani Rakhim, S.Psi, S.I.K (Kasat Lantas Polresta Banyuwangi).



Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep mengawali menyampaikan bahwa sesuai amanat dan tanggungjawabnya sebagai fungsi pembina di lingkungan Direktorat Pembinaan Masyarakat, beliau mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengemban fungsi Binmas khususnya Bhabinkamtibmas atas kerja dan dedikasi yang telah ditunjukkan dalam pelaksanaan tugas preemtif kepolisian demi terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif. 



“Seperti yang kita ketahui bersama pandemi Covid-19 di wilayah Jawa Timur tidak hanya menimbulkan dampak yang terpapar tetapi juga berdampak pada masalah  sosial, ekonomi, dan budaya. dengan adanya penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bersekala mikro sangat efektif yang berdampak positif, namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat sehingga kita diharuskan dengan lebih memantapkan penerapan 6M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak,


 menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan mengingatkan orang lain) serta tahapan 3T (testing, tracing dan treatment) oleh sebab itu kesempatan yang baik pada kegiatan  saat  ini  dengan   mengambil  tema evaluasi kinerja dan peningkatan kapasitas bhabinkamtibmas guna    mengawal masyarakat Jawa Timur dari masa pandemi menuju endemi Covid-19, hal ini semata-mata dilakukan untuk menjunjung asas “salus populi suprema lex esto” bahwa keselamatan masyarakat sebagai hukum tertiinggi,” jelas Kombes Pol Asep.



Lebih lanjut Dirbinmas menyampaikan sebagai penunjang pelaksanaan tugas yang tidak pernah diduga sebelumnya disamping tugas-tugas rutin lainnya ketentuan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)  corona virus disease 2019 (Covid-19) wilayah jawa-bali sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri, aturan ini harus dipatuhi dan untuk memastikan kepatuhan tersebut, polri menjadi garda terdepan keberhasilan penanganan Covid-19 tergantung pada kesadaran dan kedisiplinan masyarakat, namun untuk memastikan keduanya berjalan, diperlukan peran bhabinkamtibmas didalamnya, ini menjadi tugas tambahan yang tidak pernah diduga sebelumnya disamping tugas-tugas rutin kepolisian.



“Peran Bhabinkamtibmas yang sangat sentral dalam upaya pemeliharaan ketertiban masyarakat agar patuh dan taat mengikuti aturan pemerintah dalam memasuki era endemi, personil Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di desa/kelurahan merupakan ujung tombak pelayanan kepolisian, diharapkan keberadaan petugas Bhabinkamtibmas ini dapat berperan meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat, serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan dalam pencegahan gangguan Kamtibmas dan menciptakan situasi yang kondusif serta memberikan rasa aman bagi masyarakat sehingga moto “Jogo Jawa Timur” Bekerja Bersama Untuk Jawa Timur Yang Lebih Aman Dan Bebas Corona dapat terwujud” tutur Dirbinmas Polda Jatim tersebut.



Dalam akhir arahannya Kombes Pol Asep menyampaikan beberpa atensi kepada para Bhabinkamtibmas antara lain, pertama  junjung tinggi nama baik Polri melalui Polda Jatim, kedua selalu monitor dengan mempelajari dan memahami serta mengikuti perkembangan (mendata dan mendampingi)  pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang di programkan oleh pemerintah pusat melalui Kemenkes,ketiga laksanakan giat Binluh dan sosialisasi kepada Toga,  Tomas, Toda, kelompok masyarakat dan LSM setempat untuk bersama-sama memberikan edukasi  melaui Medsos, media cetak dan elektronik serta Binluh dan public adress tentang kebijakan pemerintah dan kebijakan Polri dalam upaya antisipasi pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), keempat laksanakan penggalangan kepada Toga, Tomas dan Toda serta jalin komunikasi aktif terutama yang berada di wilayah desa binaannya masing-masing untuk terus menggelorakan dan mengoptimalkan keberadaan Posko PPKM di tingkat desa/kelurahan guna antsipasi peningkatan penyebaran Covid-19 sebagai sarana monitoring serta mencegah terjadinya masalah-masalah soisal lainnya, kelima tingkatkan kemitraan dengan seluruh lapisan masyarakat dengan mengembangkan konsep 3 Pilar Plus, dan yang terakhir jaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan tetap semangat.


Komandan Apel  Iptu Mustamar (Ps. Kanit Binpolmas Satbinmas),  Ajudan  Bripda Dwiky (Anggota Provos Sipropam).   Susunan Pasukan satu Deputasi Pamen/PJU Polresta Banyuwangi dan dua  SSK Para Bhabinkamtibmas Jajaran Polresta Banyuwangi.




Jurnalis:holik
Komentar

Tampilkan

Terkini