Pengikut

Iklan

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Lomaer Tahun 2022

Selasa, 09 November 2021, November 09, 2021 WIB Last Updated 2021-11-09T04:18:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Bangkalan,GerakNusantara.com
– Musrembang Desa adalah forum musyawarah tahunan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan. Pelaksanaan Musrebang desa (musrembangdes) tahun 2022 diselenggarakan di Kantor Desa Lomaer  dengan melibatkan berbagai elemen dan unsur masyarakat,09/11/2021


Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa). RPJM Desa adalah dokumen perencanaan desa untuk periode 6 (enam) tahun yang mengambarkan rancangan kerangka ekonomi desa, program prioritas desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan kegotong royongan atau partisipasi masyarakat desa.





Acara tersebut dibuka oleh Camat Blega,Saifullah dan dihadiri oleh Kapolsek Blega AKBP M,syamsuri,Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), lembaga adat desa, perwakilan pemuda, perwakilan kelompok tani, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa. 


“ Dasar pelaksanaan Musrembangdes dan Tata Pembangunan yang baik itu berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Apapun yang ingin kita laksanakan pasti ada aturannya dalam undang-undang tersebut. Jadi untuk teman-teman perangkat desa perlu memahami undang-undang ini. Jangan takut untuk menggunakan dana desa, yang harus kita takut bila menyalahgunakan alokasi dana desa” Ucap Camat Sesayap dalam sambutannya.


Selain itu,Saifullah juga menghimbau agar dalam pelaksananaan musrembangdes, mempunyai konsep musyawarah yang artinya forum musrembang bersifat partisipatif dan dialogis, dimana tujuannya untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi masyarakat, khususnya warga Desa lomaer.



Pada musrembangdes ini juga Bendahara desa lomaer zaiful anam Lasung menyampaikan rencana pembangunan desa tahun anggaran 2022 Desa lomaer agar dapat di kerjakan bersama OPD yang berkewenangan dengan tujuan paling utama untuk kesehjahteraan masyarakat Desa lomaer. Setelah diskusi panjang dari dan mendapatkan hasil serta solusi yang terbaik, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan  berita acara kesepakatan bersama, dimana setelah itu Bapak Lasung juga langsung menutup acara yang di akhiri dengan doa bersama.



Jurnalis:Ali
Komentar

Tampilkan

Terkini