Pengikut

Iklan

Ketua Dan Wakil PKK Kabupaten Sampang Terkesan Dengan Hasil Kerajinan Masyarakat Petarongan

Sabtu, 27 November 2021, November 27, 2021 WIB Last Updated 2021-11-27T05:50:43Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Sampang,Gerak.Nusantara.com -
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga  (TP - PKK) Kabupaten Sampang, Hj Mimin Slamet Junaidi dan Wakilnya Hj Vanny Abdullah Hidayat pada saat melakukan pembinaan PKK di Desa Patarongan, Kecamatan Torjun , Kabupaten Sampang , terkesan dengan hasil kerajinan tas dan dompet yang diproduksi dan dikerjakan oleh masyarakat setempat. 

Dalam kunjungan pembinaan kader tersebut, pihak desa menampilkan hasil olahan unggulan , seperti makanan ringan, minuman ringan, dan hasil kerajinan tas dan dompet.

Ketua TP - PKK Kabupaten Sampang , Hj Mimin Slamet Junaidi didampingi Wakilnya , Hj Vanny Abdullah Hidayat mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja para kader di tiap - tiap Kelompok Kerja ( Pokja) yang telah tertib dalam adminitrasi dan kegiatannya.

Kami tertarik dengan usaha kerajinan tas dan dompet disini , ini merupakan embrio usaha yang bisa dikembangkan sebagai upaya perbaikan ekonomi keluarga ,"terangnya.


Kemudian Ia menambahkan , PKK merupakan mitra dari pemerintah dalam upaya perbaikan sosial, ekonomi dan budaya. Pemerintah desa, Kecamatan, dan Kabupaten harus jeli melihat desa yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi sentra industri kecil menuju pemulihan ekonomi akibat pandemi.

"Saat kami tanya jawab dengan pengrajin tersebut , ternyata produksi tas dan dompet dikerjakan oleh masyarakat setempat yang memberdayakan kaum perempuan dalam upaya membantu perekonomian keluarga membantu suami tanpa meninggalkan tanggungjawab sebagai seorang ibu,"ungkapnya.

Lanjutnya, dirinya berharap kepada semua kader kader PKK desa se Kabupaten Sampang untuk selalu berinovasi dan jeli bisa melihat potensi desa untuk dikembangkan menjadi usaha rumahan yang nantinya bisa menopang pemenuhan kebutuhan keluarga.

Saya pesan tetap semangat dan jangan putus asa untuk mengembangkan usaha , pantang menyerah, ulet, dan jujur itu kunci sukses menjadi pengusaha,"pesannya.

Sementara itu Aisyah yang merupakan pengrajin tas dan dompet di Desa Patarongan mengatakan, mengucapkan terima kasih atas motivasi dan penyemangat yang diberikan oleh Ketua dan Wakil TP PKK Kabupaten Sampang untuk lebih mengembangkan usaha agar jauh lebih maju.

Terima kasih juga kepada Forum Koordinasi Kecamatan ( Forkopimcam) Torjun yang telah membeli dan memborong tas yang dipamerkan ,"ungkapnya.

Kemudian Ia menjelaskan, pemasaran hasil kerajinan tas dan dompet sudah meliputi 4 Kabupaten di Madura , bahkan sampai Gresik dan Jember.

"Kami saat ini dalam pengembangan usaha kesulitan dalam penguatan modal usaha, usaha yang dijalankan saat ini ibarat tiada rotan akar pun jadi, kami jalankan sesuai kondisi yang ada,"tutupnya.



Jurnalis :Hosnan
Komentar

Tampilkan

Terkini