Pengikut

Iklan

Peringati Hari Santri Nasional NU Mulyorejo Mengadakan Upacara

Minggu, 24 Oktober 2021, Oktober 24, 2021 WIB Last Updated 2021-10-24T05:10:27Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Surabaya,(GerakNusantara.com) –
Dalam rangka peringatan hari santri nasional tahun 2021, Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Mulyorejo Surabaya mengadakan upacara bendera di lokasi parkiran ruko Sutorejo prima blok PDD depan kampus UWIKA Surabaya, Sabtu 23 Oktober 2021.

Kegiatan upacara bendera yang dihadiri Kapolsek Mulyorejo AKP Ardi Purboyo, S.H., M.M., S.I.K., tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) dengan tema “Santri siaga, jiwa raga” dan selaku Inspiktur upacara yaitu DR. ACCHMAD MUHIBBIN ZUHRRI M.Ag (Ketua PCNU Surabaya).


Selain itu, kegiatan juga dihadiri Danramil 0831/04 Sukolilo Letkol Inf Supriyo Triwahono, Bapak Samsul Hadi yang mewakili Camat Mulyorejo, Lurah Dukuh Sutorejo, dan ketua IPMK Mulyorejo.

Hadir pula peserta upacara dari BANSER Se Kecamatan Mulyorejo, ANSOR Se Kecamatan Mulyorejo, NU Se Kecamatan Mulyorejo, IPNU Se Kecamatan Mulyorejo, LP MA ARIF Se Kecamatan Mulyorejo, MUSLIMAT Se Kecamatan Mulyorejo dan FATAYAT Se Kecamatan Mulyorejo.


Dalam sambutannya, Kapolsek Mulyorejo mengatakan, maksud tema santri siaga jiwa raga adalah bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa raga untuk membela tanah air.

“Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada aqidah, nilai dan ajaran Islam Rahmatan lil ‘allamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Sedangkan siaga raga berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia,” tuturnya.


Menurutnya, siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga Tazkiyatun Nafs yaitu mensucikan jiwa. Tema santri siaga jiwa raga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19 seperti saat sekarang ini.

“Insyaallah santri menjadi garda terdepan ikut memerangi covid 19 dan menjadi contoh di dalam kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan dan insya Allah kontribusi santri bagi bangsa ini makin hari makin besar,” terang orang nomor satu di Mapolsek Mulyorejo itu.


Kapolsek juga berpesan bahwa dalam kegiatan Hari santri ini diharapakan santri selalu berkarya, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kami berharap dengan tema “Santri Siaga Jiwa Raga” Bertumbuh Berdaya Berkarya menunjukan bahwa santri sehat bisa menjaga keutuhan bangsa, pada kegiatan upacara ini diharapkan santri sudah vaksin semua,” pungkasnya.

Usai dilaksanakan upacara, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolsek Mulyorejo.



Jurnalis:Dimas
Komentar

Tampilkan

Terkini