Pengikut

Iklan

Keluarga Almarhum Kh ikhsan Rayakan Maulid Nabi Dengan Nikah Dan Khitan Massal

Minggu, 24 Oktober 2021, Oktober 24, 2021 WIB Last Updated 2021-10-24T13:25:46Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Pasuruan,(GerakNusantara.com)
- Dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW keluarga Kh ikhsan dari desa sekarputih kecamatan gondangwetan kabupaten pasuruan  menyelenggarakan Gebyar maulid Nabi ini diramaikan dengan kegiatan nikah dan khitanan massal, minggu(24/10/2021).


"Kata ketua panitia Eko Prasetyo Peserta khitanan massal sebanyak 53 anak, nikah massal tiga orang, berasal dari desa sekarputih dan luar desa Dengan adanya kegiatan tersebut, harapannya untuk merangkul seluruh masyarakat dan agar bisa berdarma bakti kepada masyarakat. Khusus nikah massal yang tiap tahun di selengarakan oleh keluarga K.H ikhsan  diharapkan, agar mereka yang belum legal menikahnya, dilegalkan lewat KUA dan keluarga yang tidak jelas bisa legal atau mendapatkan akte nikah Kasihan anaknya kalau keluarga belum jelas secara hukum.


Sebelum acara berlangsung khitanan dan nikah massal, mereka dikirab dan di iringi Banjari.



"Kata H Umar wirohadi memperingati maulid nabi Muhammad SWT acara ini sudah di selenggarakan turun temurun  keluarga Almarhum KH ikhsan saya penerus almarhum melanjut kan apa yang jadi kegiatan beliu di masa hidupnya yaitu tiap bulan maulid menyelenggarakan kegiatan Pernikahan dan Khitanan Massal.




Dengan tujuan membantu warga yang tidak mampu biar dapat membentengi diri dengan akhlak dan nilai luhur yang mulia sesuai dengan ajaran agama, Dengan mengangkat tema "Menjadi Keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah dan Menjadi Anak yang Shaleh.



"harapan H umar warga  yang menjadi peserta pernikahan maupun khitanan massal dapat menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalankan perintah Allah SWT."ujarnya.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh H.umar wirohadi dengan disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir dari beberapa desa dan Dinas Sosial pasuruan, Kantor Urusan Agama Kecamatan Gondangwetan, Kepolisian Sektor keboncandi dan kades sekarputih. Dalam sambutannya yang sekaligus dengan resmi membuka kegiatan ini, H.Umar Wirohadi menuturkan, "Pernikahan ini sakral, sangat dinantikan. Dalam pernikahan wajib hukumnya untuk membina hubungan yang didasari dengan nilai sosial dan spiiritual serta norma yang berlaku di masyarakat. Dengan ini, keluarga almarhum KH Ihsan telah turut di dalam mendukung program pemerintah yakni melakukan pembinaan keluarga melalui ikatan pernikahan". Selain itu beliau berpesan agar keluarga dapat dijadikan semangat membangun moralitas dan menjadi basis sumber daya manusia unggulan sehingga dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara.




Tiga pasang calon pengantin melaksanakan ijab qabul dihadapan penghulu Kantor Urusan Agama Kecamatan Gondangwetan dengan disaksikan oleh beberapa orang saksi di Masjid Al Ikhsan di dusun triung desa sekarputih kecamatan gondangwetan kabupaten pasuruan.



Ada calon pengantin laki-laki mengutarakan bahwa dirinya merasa senang senang cemas. Edy sumardi,


"Saya takut ga lancar waktu baca itu (ijab qabul)". Masing-masing calon pengantin laki-laki telah diberikan secarik kertas yang tertulis ijab qabul. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam proses ijab qabul. 


Setelah seluruh pengantin selesai melaksanakan ijab qabul, seluruhnya diarahkan untuk menuju Kantor Urusan Agama Kecamatan gondangwetan untuk memperoleh bimbingan tentang kehidupan sebagai suami dan istri. Pada kesempatan ini, bimbingan dilaksanakan langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan gondangwetan Beliau menyampaikan bahwa menikah itu tidak hanya habluminannas tetapi juga habluminallah, sehingga dengan menikah, setiap orang dapat memperoleh pahala yang berlipat ganda apabila masing-masing dapat saling memahami tugas antara suami dan istri serta selalu saling mengingatkan untuk tetap berada di jalan Allah. Dalam rangkaian kegiatan, para calon pengantin perempuan tampil sangat cantik menggunakan kebaya beserta kain batik dengan riasan wajah yang menawan. 




Pelaksanaan khitanan di laksanakan di halaman masjid Al ikhsan berjalan dengan lancar disertai dukungan dari Klinik Gondangwetan. Setiap peserta didampingi oleh orang terkasih selama proses khitan berlangsung. Hal tersebut dilakukan agar peserta dapat memperoleh dukungan secara mental sehingga mampu untuk mengurangi rasa takut maupun cemas dan menggantinya dengan rasa berani. H.umar berharap melalui khitanan ini, semua anak dapat tumbuh dan berkembang secara wajar, menjadi generasi yang pintar sehingga dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. 



Jurnalis:Ridoi
Komentar

Tampilkan

Terkini