Pengikut

Iklan

Paripurna DPRD Bersama Bupati, Fraksi Gerindra Soroti Kinerja Direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo

Sabtu, 25 September 2021, September 25, 2021 WIB Last Updated 2021-09-24T21:54:11Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Sidoarjo, (GerakNusantara.com) - Rapat Peripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidoarjo bersama Bupati, Jumat (24/09/2021). Memunculkan beberapa isu yang perlu segera ditindak lanjuti oleh Pemkab.


Khususnya dari Fraksi Gerindra yang menyoroti kinerja direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Lantaran, tingkat kebocoran kehilangan air di perusahaan daerah itu sangat besar.


“Kenapa dengan anggaran sebesar itu untuk alokasi di PDAM, tingkat kehilangan air sangat besar lho, 36 persen,” kata Anang Siswandoko, dari fraksi Gerindra.



Dijelaskan Anang, kalau kehilangan air 36 persen jika dibandingkan dengan hasil pendapatan dengan senilai 1 miliar. Maka sudah berapa kerugian pendapatan daerah dalam satu bulan.


“Sudah 360 juta kerugian dalam satu bulan,” ucap Wakil Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo itu.


Dia meminta Bupati untuk mengevaluasi kinerja jajaran direksi PDAM Delta Tirta. Kenapa tingkat kehilangan air masih tinggi, sebab kalau tingkat air tinggi otomatis merugikan pendapatan asli daerah.


“Kinerja dari PDAM tersebut perlu dievaluasi, kan anggarannya minta besar, terus kinerjanya seperti apa,” tambahnya.



Menurut Anang, meskipun PDAM menaikkan tarif dasar air untuk menaikan pendapatan, itupun akan membebankan pada pelanggan. Sementara tingkat kehilangan air tidak diperbaiki. Mestinya, tingkat kehilangan air diperkecil.


“Kalau tingkat kehilangan air kecil. Tidak perlu menaikkan tarif dasar air,” pungkasnya.



Jurnalis : Imam Mu'iz

Komentar

Tampilkan

Terkini